TUGAS 1 APSI : Sistem Informasi Akuntansi

APSI-1-Sistem Informasi Akuntansi

Deskripsi Sistem Informasi Akuntansi Aset Tetap

Secara umum pengertian Sistem Informasi adalah suatu yang menyediakan informasi untuk menajemen pengembilan keputusan atau kebijakan dan menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi.
Sistem informasi juga dapat di artikan sebagai kombinasi dari teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Sebuah sistem merupakan piranti penting dan sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau instansi resmi. Hal ini karena dengan adanya sistem yang terintegrasi, kinerja suatu perusahaan atau instansi akan lebih terarah dan sistematis. Namun untuk mendapatkan dampak positif dari penggunaan sistem, semua unsur – unsur yang terkait didalamnya harus berkerja sama guna mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Ciri Sistem Informasi.

  1. Baru,artinya bahwa suatu siste informasi yang didapat merupakan informasi yang baru dan segar bagi penerima
  2. Tambahan, adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada.
  3. Kolektif, adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
  4. Penegas, adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah ada
Pada video yang diberikan, sistem informasi akuntansi aset tetap ini adalah salah satu contoh penggunaan sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi merupakan bagian dari sistem informasi yang digunakan untuk memproses dan mengelola informasi keuangan dan akuntansi suatu organisasi atau perusahaan.  Sedangkan, aset tetap adalah aset perusahaan yang memiliki wujud, mempunyai manfaat ekonomis lebih dari satu tahun, diperoleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan perusahaan, bukan untuk dijual kembali. Oleh karena itu, sistem informasi akuntansi aset tetap adalah jenis sistem informasi akuntansi yang digunakan untuk mengelola informasi keuangan yang berkaikan dengan aset tetap pada suatu perusahaan.

Karakteristik dari aset tetap.

  1. Frekuensi transaksi relatif sedikit, namun umumnya nilai transaksi besar.
  2. Pengendalian sejak perencanaan.
  3. Pengeluaran terkait dengan aset tetap berupa pengeluaran pendapatan dan pengeluaran modal.

Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi Aset Tetap

Setelah mengetahui apa itu sistem informasi beserta tujuannya, selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai beberapa kegunaan dari SI, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mampu menjadi tingkat ketersediaan kualitas dan pengalaman dalam mengelola sebuah sistem informasi secara kritis dan logis.
  2. Mampu meningkatkan produktivitas kerja pada seluruh stakeholders.
  3. Mampu menganalisa dan meminimalisir terjadinya kerugian dari sisa ekonomi.
  4. Memberikan aksesibilitas yang baik kepada pengguna.
  5. Dapat mencapai tujuan perusahaan secara cepat berdasarkan dukungan data yang dapat dipertanggung jawabkan.
Dengan memanfaatkan teknologi sistem informasi untuk mengotomatisasi proses akuntansi dan keuangan, adapun fungsi dari SIA :

  1. Mengumpulkan serta menyimpan data yang berkaitan dengan kegiatan bisnis perusahaan.
  2. Menyediakan laporan kuangan sebagai dasar pertimbangan untuk mengambil keputusan oleh pihak manejemen
  3. Menciptakan pengendalian internal memadai

Stakeholder Sistem Informasi Akuntansi Aset Tetap

Stakeholder merupakan semua pihak di dalam masyarakat, baik itu individu, komunitas atau kelompok masyarakat yang memiliki sebuah hubungan dan kepentingan terhadap organisasi, perusahaan dan permasalahan yang sedang dibahas. Dalam terjemahan bahasa Indonesia sediri, arti stakeholder adalah seorang pemangku kepentingan atau pihak yang berkepentingan.

Stakeholder dalam sistem informasi akuntansi aset tetap, yaitu manajemen perusahaan, departemen akuntansi, dan departemen pemeliharaan aset.

User Sistem Informasi Akuntansi Aset Tetap

User pada sistem informasi adalah seseorang atau sekelompok orang yang menggunakan atau berinteraksi dengan sistem informasi untuk mencapai tujuan tertentu. Pada user sistem informasi akuntansi aset tetap, antara lain fungsi pemakai, fungsi penelitian dan pengembangan, direktur terkait, direktur utama, fungsi pembelian, fungsi penerimaan, fungsi aset tetap, dan fungsi akuntansi.

Input Sistem Informasi Akuntansi Aset Tetap

Komponen input ialah data yang masuk ke dalam sistem informasi. Pada sistem informasi akuntasi aset tetap, terdapat beberapa input seperti :

  1. Harga Perolehan, terdiri dari perolehan, pengeluaran modal, revaluasi, pertukaran, pengentian pemakaian, dan penjualan.
  2. Akumulasi Penyusutan, terdiri dari penyusutan, penghentian pemakaian, penjualan, dan pertukaran.
  3. Beban Depresiasi dan Pemeliharaan, terdiri dari konsumsi bahan dan suku cadang, konsumsi SDM, konsumsi energi, konsumsi peralatan, dan konsumsi sumber daya lain.

Output Sistem Informasi Akuntansi Aset Tetap

Komponen output ialah hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen dan semua pemakai sistem. Pada sistem informasi akuntansi aset tetap, terdapat beberapa output seperti :

  1. Surat permintaan otorisasi investasi
  2. Surat permintaan reparasi
  3. Surat permintan transfer asset tetap
  4. Surat permintan penghentian pemakaian asset tetap
  5. Surat perintah kerja
  6. Surat order pembelian
  7. Laporan penerimaan barang
  8. Bukti kas keluar
  9. Daftar penyusutan asset tetap
  10. Bukti memorial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 8 APSI : Data Modeling

Tugas 9 APSI : Desain Arsitektur Aplikasi

Tugas 7 APSI : Data Flow Diagram