Tugas 5 APSI : Requirement Definition

 

APSI-5-Requirement Definition

Deskripsi Requirement Management

Requirement Management adalah proses memvalidasi dan memenuhi kebutuhan (atau persyaratan) pelanggan dan pemangku kepentingan eksternal dan internal. Persyaratan mewakili kemampuan yang akan memuaskan strategi produk Anda.
Semua persyaratan ini perlu dikumpulkan, dianalisis, disempurnakan, dan diprioritaskan — proses ini disebut manajemen persyaratan. Itu dilakukan terus menerus sepanjang siklus hidup produk. Manajemen persyaratan berakar pada rekayasa sistem tetapi juga dapat diterapkan lintas disiplin — seperti analisis bisnis dan manajemen proyek.

Apa itu Requirement?

Requirement adalah sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkan. Produk perangkat lunak dapat terdiri dari ratusan — bahkan ribuan — persyaratan. Tetapi bahkan satu fitur pun dapat memiliki banyak requirements. Dalam hal ini, Anda dapat menganggap requirement sebagai komponen yang perlu diimplementasikan untuk melengkapi fitur.
Apa pun yang Anda bangun, requirement harus:
  1. Necessary : Penting untuk mencapai tujuan bisnis dan produk
  2. Spesific : Terperinci dengan akar yang dapat dilacak ke asal dan tujuannya.
  3. Understandable : Ditulis dengan jelas dan tidak ambigu.
  4. Accurate : Cukup detail dengan informasi tentang tantangan atau kebutuhan pengguna akhir.
  5. Feasible : Diteliti dan terbukti bermanfaat dan dapat dicapai.
  6. Testable : Dapat diselesaikan atau disetujui melalui pengujian penerimaan pengguna atau kriteria lainnya.

Jenis-Jenis Requirements


  1. Business requirements : Requirements ini berkaitan dengan tujuan bisnis dan strategi perusahaan yang ingin dicapai melalui sistem atau aplikasi yang dikembangkan. Requirement ini mencakup hal-hal seperti target pasar, peningkatan penjualan, efisiensi operasional, dan lain sebagainya.

  2. User requirements : Requirement ini berkaitan dengan pengalaman pengguna yang diharapkan ketika menggunakan sistem atau aplikasi yang dikembangkan. Requirement ini mencakup hal-hal seperti antarmuka yang mudah digunakan, responsif, dan intuitif, keamanan dan privasi data, kecepatan akses, dan lain sebagainya.

  3. Functional requirements : Requirement ini berkaitan dengan fitur dan fungsionalitas yang harus dimiliki oleh sistem atau aplikasi yang dikembangkan. Requirement ini mencakup hal-hal seperti proses bisnis yang harus diotomatisasi, laporan dan analisis yang harus dihasilkan, integrasi dengan sistem lain, dan lain sebagainya.

  4. System requirements : Requirement ini berkatikan dengan infrastruktur dan teknologi yang harus digunakan untuk mendukung sistem atau aplikasi yang dikembangkan. Requirement ini mencakup hal-hal seperti platform dan database yang digunakan, bahasa pemrograman yang harus digunakan, keamanan sistem, dan lain sebagainya.

  5. Non-functional requirements : Requirement ini berkaitan dengan aspek non fungsional dari sistem atau aplikasi yang dikembangkan. Requirement ini mencakup hal-hal seperti kecepatan kinerja, skala aplikasi, kemanaan data dan privasi, tampilan dan responsivitas antarmuka pengguna, dan lain sebagainya.

Studi Kasus : https://kerjoo.com/



Kerjoo merupakan Aplikasi absensi online terbaik, karena Aplikasi ini mempu mengkoordinir pekerjaan HRD. Mulai dari absensi, lokasi, slip gaji, izin, hingga pengaturan pola kerja. Aplikasi Kerjoo memiliki fitur import export data yang memudahkan input maupun download data secara masal.

Berikut adalah analisis dari 5 jenis Requirements pada aplikasi Kerjoo :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 8 APSI : Data Modeling

Tugas 9 APSI : Desain Arsitektur Aplikasi

Tugas 7 APSI : Data Flow Diagram