Tugas 8 APSI : Data Modeling

 

APSI-8-Data Modeling

Definisi Data Modeling

Data modeling adalah teknik untuk mendokumentasikan sistem perangkat lunak menggunakan entity relationship diagrams (ER Diagram), yang merupakan representasi struktur data dalam bentuk tabel untuk databse perusahaan. Data modeling digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari high-level conceptual models, logical to physical data models, dan umumnya direpresentasikan oleh ER diagram tersebut. Data modeling ini berfungsi sebagai panduan yang digunakan oleh analis database dan pengembang perangkat lunak dalam perancangan dan implementasi sistem serta database yang mendasarinya, contohnya Layanan Video Streaming Netflix.

Conceptual Data Model (CDM)

CDM merupakan pendekatan tingkat tinggi yang ideal untuk menyajikan informasi kepada pemangku kepentingan dan individu yang berperan di luar bidang teknis dalam organisasi. Dengan pengembangan lebih lanjut, data model ini dapat dimodifikasi menjadi model lain yang lebih kompleks dan terperinci, sehingga membuat CDM menjadi titik awal yang baik saat beralih ke diagram lainnya. Dengan menggunakan CDM, kita dapat memvisualisaikan struktur data secara keseluruhan dan memberikan pemahaman yang jelas mengenai kebutuhan bisnis perusahaan.
Berikut adalah CDM dari Layanan Video Streaming Netflix

Logical Data Model (LDM)

Dalam proses pengembangan sistem, setelah CDM ada LDM yang dibuat untuk menggambarkan elemen data, hubungan, dan detail konteks yang diperlukan untuk struktur data yang mendekati tahap implementasi. LDM memungkinkan tim untuk memvisualisasikan elemen data dan hubungannya, serta menunjukkan bagaimana sistem data bekerja. Meskipun LDM memberikan detail yang lebih spesifik, namun belum sepenuhnya siap untuk tahap implementasi. Model ini memberikan perspektif teknis dan detail, tetapi masik terkait dengan visualisasi ide-ide tingkat lebih tinggi daripada model data fisik.
Berikut adalah LDM dari Layanan Video Streaming Netflix

Physical Data Model (PDM)

PDM secara langsung menggambarkan objek data dan hubungan diantaranya, serta berisi informasi terperinci yang diperlukan dalam fase implementasi. Dengan menggunakan PDM, kita dapat membuat skrip yang dibutuhkan untuk mengambangkan basis data. Dengan menggunakan PDM ini, implementasi basis data dapat dimulai. PDM menyediakan detail terperinci dan cukup spesifik untuk memandung perancangan dan pengembangan dalam proses pengembangan basis data.

Berikut adalah PDM dari Layanan Video Streaming Netflix


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 9 APSI : Desain Arsitektur Aplikasi

Tugas 7 APSI : Data Flow Diagram